Instal Flash Player pada GalaG

Secara default device Samsung GalaG gue sebelum (Froyo 2.2.0) dan setelah (Gingerbread 2.3.6) tidak support flash player, jadi ketika mau menggunakan aplikasi IndoTV atau aplikasi MyTrans tentu tidak bisa digunakan. Bahkan yang paling berasa adalah ketika gue buka opera mini, lalu mau download file yang dialihkan ke situs macam adfly, GalaG gue ga bisa menunggu hingga skip this Ad.

Terus bagaimana coba? Gampang! Ada beberapa langkah untuk memaksakan agar GalaG bisa mendukung Adobe flash player.

Aplikasi yang perlu dipersiapkan :

  1. Aplikasi Root Explorerdownload di sini.
  2. Installer Flash player 11download di sini. Aplikasi mentah flash player, kita tidak bisa menemukannya di Market resmi karena device kita tidak didukung, kalaupun ketemu, pasti terdapat pesan Your device isn’t compatible with this item.
  3. Library com.adobe.flashplayerdownload di sini. Berupa 4 file pendukung dari aplikasi flash player, sehingga device kita menjadi support dengan Adobe Flash player.

Setelah ketiga bahan di atas sudah disiapkan, selanjutnya ikuti langkah-langkah di bawah ini dengan saksama :

  • Pastikan device kita sudah rooted, artinya kita bisa mengakses penuh segala file manager dari android kita. Untuk ngeroot, cara ngeroot bisa klik ini.
  • Install apps Root Explorer, pastikan Root Explorer has been granted Superuser permissions – intinya mendapat ijin dari Superuser untuk digunakan.
  • Install apps Flash Player 11.  Setelah selesai terinstall, biarkan, aplikasi jangan dibuka.
  • Dengan menggunakan root explorer yang telah diinstall tadi, akses data data, kemudian cari & buka folder com.adobe.flashplayerhapus folder lib yang ada di situ, gantikan dengan folder lib yang telah kita siapkan tadi.com adobe flashplayer
  • Library baru berbentuk *rar, ekstrak terlebih dahulu (lebih enak kalau diekstrak di PC, lalu push ke dalam SD Card Android). Pastikan folder lib didalamnya terdapat 4 file yaitu :
    1. libflashplayer.so
    2. libstagefright_froyo.so
    3. libstagefright_honeycomb.so
    4. libysshared.so
    sc20120112 002529
  • Ubah permissions dari folder com.adobe.flashplayer, folder lib dan ke-4 file di dalamnya menjadi seperti gambar di bawah ini. Cara mengubah permission dengan cara menekan folder/file (sampai bergetar) lalu pilih Permissions.ubah permission
  • Aplikasi flash player bisa langsung digunakan. Untuk mencobanya silakan buka browser dan akses mivo.tv atau silakan mencoba menginstall apps IndoTV atau Mytrans dari Market. Atau cara simpelnya adalah dengan buka opera mini, browsing, saat masi loading pencet tombol home lalu masuk lagi ke opera mini. Jika masi keluar pesan retry, maka gagal. Jika si opera tetap bisa loading maka anda sudah berhasil!

Salam FP,
Androcipz

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s