Memperingan RAM untuk HH yang memiliki RAM kecil

Cara ini sebenarnya sudah lama diketahui oleh oprekers. Cukup efektif namun juga penuh resiko. Kalau sampeyan punya nyali, silahkan coba. Kalau tidak, silahkan skip ke postingan berikutnya.

Gue akan memperingan kinerja HH Galaxy Gio gue, dimana kalau menggunakan ROM standar maka RAM seringkali penuh. Di clear memory pun tetap saja penuh. Banyak aplikasi yang muncul tanpa diminta. Mirip-mirip kayak jailangkung gitu. Hiiiiii……

Silahkan siapkan bahannya dulu:

  1. HH (wajib sudah di root)
  2. Root Uninstaller
  3. CWM
  4. Otak yang jernih

Nah, prosesnya:

  1. Masuk menu CWM, lakukan backup ROM. Buat jaga-jaga aja kalo pengen dibalikin standar lagi nanti bisa. Kelar? Reboot!
  2. Buka Root Uninstaller (lihat gambar)
  3. Sekarang perhatikan dengan baik, cari aplikasi yang ga dibutuhkan. kalo gue sih biasa buang aplikasi macam Maps, news and weather, samsung account, all share, dll yang menurut gue gak penting.
  4. Jangan di delete list aplikasi yang ga guna tadi, dari list diatas, pilih salah satu misalkan messaging, tab dan tahan, sampai muncul pop up yang menyediakan opsi backup, frost, uninstal. (liat gambar)
  5. Lakukan backup, kemudian uninstall. Lakukan dulu ke semua aplikasi yang ada di daftar ‘hitam’ tadi. kelar? Reboot!
  6. Bagaimana cara restore? gampang! perhatikan contoh gambar diatas,tab dan tahan tulisan /mnt/sdcard/RootUninstaller/backup/MMs_2.3.2.apk. tar bakal muncul tulisan restore. Restore lalu reboot.

Note: Perhatikan dulu RAM yang tersisa sebelum di Root Uninstaller (baca: RU) dengan yang sudah di RU. Rasakan performa HH sampeyan meningkat. Dan tentunya lebih cepat! Buat yang ga tau apa itu ROM dan RAM, skip dan baca postingan gue di awal.

Salam RU,
Androcipz

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s